Jualan Dropship

Saat ini banyak orang, terutama ibu rumah tangga, memilih jualan dengan sistem dropship. Saya termasuk diantaranya. Alasannya, dengan sistem dropship, kita bisa berjualan tanpa modal dan asiknya nggak perlu nyetok barang. Jadi kita bisa jualan produk apa aja yang saat ini sedang digemari.

Tapi model dropshipnya yang kayak apa sih yang halal dan sesuai syariah itu? Kadang kita masih suka bingung tuh. Pengennya kan kita jualan itu cari berkah dan keuntungan dunia akhirat. Bukan cuma jualan yang bisa menghasilkan untung gede semata, tapi nggak jelas halal dan haramnya.

Nah, alhamdulillah ummi Lazeta temuin jawabannya di video youtubenya Buya Yahya. Mau ummi kasih tau nggak ringkasan jawabannya?

Oke deh ummi kasih tau aja ya jawabannya buat pelajaran kita semua. Jadi ada beberapa kondisi yang menjadikan jualan dropship itu halal. Apa sajakah itu?

1. Produk yang dijual harus halal.

2. Disertakan deskripsi yang jelas sehingga seolah-olah pembeli melihat barang tersebut.

3. Jika ternyata barang yang dibeli tidak sesuai deskripsi, maka pembeli boleh mengembalikannya (berlaku khiyar).

4. Penjual barang sudah mendapat izin dari pemilik barang untuk menjualkan barangnya. Jika tidak ada izin, maka keuntungan yang didapat adalah haram karena sama saja dengan mencuri.

5. Status penjual adalah wakil, dan sebagai wakil, penjual tidak boleh menaikkan sendiri harga barang tersebut tanpa seizin dari pemilik barang.

6. Penjual mendapatkan keuntungan dari komisi yang ditetapkan oleh pemilik barang, atau jika pemilik barang menyerahkan harga jual kepada penjual, barulah si penjual boleh menaikkan harganya dan mengambil keuntungan dari selisih harga jual dan harga barang.

Kira-kira demikian teman-teman yang bisa saya pahami dari penjelasan Buya Yahya di videonya. Kalo masih kurang jelas silahkan nonton sendiri ya. Berikut ini saya sertakan link videonya:

Video 1:

 
Video 2:

 
Sekarang udah jelas kan jualan dropship yang halal tuh kayak gimana? Tinggal kita deh yang pintar-pintar cari bisnis yang paling cocok buat kita. Karena ketika ada satu bisnis yang kelihatannya sukses dilakukan orang lain, belum tentu juga bakal sukses buat kita. Kenapa bisa begitu? Ya karena bisnis juga ada ilmunya. Makanya, carilah bisnis yang jelas leadernya, sehingga nanti ada pembinaannya, ada sharing ilmunya. Sampai disini paham ya teman-teman?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reseller Tanpa Modal

Tips Jualan Online dengan Samsung J2 Prime

Jualan tanpa Modal di Tokorame