Belajar Tahsin

Tahsin dalam bahasa Arab artinya memperbaiki. Apa yang diperbaiki? Yaitu tilawah (bacaan) Al-quran kita. Belajar tahsin artinya belajar memperbaiki bacaan Al-qur'an kita agar sesuai dengan bacaan Rosulullah SAW dan para sahabatnya, yaitu dengan mengeluarkan huruf dari makhrojnya, memenuhi sifatnya, dan memperhatikan hukum bacaan.

Ada yang menarik disini, bahwa bacaan Al-quran kita harus mengikuti bacaan Rosulullah dan para sahabatnya. Bagaimana kita bisa tahu sedangkan kita tidak pernah mendengar sendiri bacaan Rosulullah dan para sahabatnya itu? Itulah pentingnya sanad Al-quran, yaitu bacaan yang bersambung hingga ke Rosulullah SAW.

Belajar tahsin Al-quran, idealnya kepada guru yang telah bersanad. Tujuannya, agar bacaan kita dapat dikoreksi dan diperbaiki sehingga sesuai atau mendekati bacaan Rosulullah dan para sahabatnya. Akan tetapi, terkadang guru yang telah bersanad, memiliki murid yang sangat banyak sehingga sulit mengoreksi bacaan kita satu-persatu. Oleh sebab itu, kita boleh belajar tahsin secara lebih intensif kepada guru yang belum bersanad.

Intinya, sanad Al-quran itu bukan menjadi penghalang seseorang untuk belajar dan mengajarkan Al-quran. Tapi ia diperlukan untuk mengontrol apakah bacaan Al-quran yang kita dapat telah sesuai dengan bacaan Rosulullah SAW dan para sahabatnya. Jika belum, artinya kita harus banyak belajar lagi. Jika sudah mendekati, artinya kita memiliki amanah untuk menyampaikan apa yang telah kita ketahui kepada orang lain.

Karena belajar dan mengajarkan Al-quran adalah sebaik-baik amalan, hendaknya kita menjadi bagian dari orang-orang yang melakukannya. Bukan untuk riya, bukan untuk sum'ah, bukan untuk dianggap soleh dan hebat, tapi agar kita bisa mengambil shaf diantara barisan para ahlul qur'an, yaitu orang-orang yang Allah anggap sebagai keluargaNya di dunia, orang-orang yang Allah janjikan untuk diberi syafaatNya di akhirat kelak.

Komentar

  1. Setuju tetap hrs mau bljr meski sdh bisa baca Al'quran ya, semoga Allah SWT sllu memberikan safaat utk kita semua. Aamiin ya rabbal aalamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reseller Tanpa Modal

Tips Jualan Online dengan Samsung J2 Prime

Jualan tanpa Modal di Tokorame